Selangkah Lagi Menuju Mimpi

Akhirnya satu persatu persiapan untuk pergi selama 6 minggu mendatang mulai bisa di checklist OK. Seperti saya pernah ceritakan disini  , Alhamdulillah saya mendapatkan beasiswa untuk mengikuti pertukaran profesional di Amerika Serikat, mulai minggu depan.

Kesempatan mengikuti YSEALI PFP ini sungguh sangat berharga, saya akan magang disalah satu instansi disana yang relevan dengan bidang pekerjaan saya dan mendapat pengalaman  hidup dengan budaya lain yang pastinya akan seru..

Berikut beberapa list yang akhirnya bisa di-check OK 🙂

1  . Ijin Kantor

Hal ini jadi yang utama dan pertama sekali yang prioritaskan. Walaupun saya mengajukan aplikasi dengan dasar profesional sebagai ASN dengan aktivitas Perencana di Daerah, aplikasi ini saya ajukan saat masih berstatus kepegawaian di Pemkab Solok. Terhitung 01 April 2017, dan mulai aktif 10 April 2017 lalu, saya pindah tugas secara resmi ke Pemprov Sumbar. Alhamdulillah, niat baik insya Allah selalu dimudahkan. Sejak mulai lapor ke Pimpinan, saya juga menyampaikan perihal kelulusan ini. Sambutan pun sangat positif dan akhirnya saya bisa mengurus Ijin Persetujuan Gubenur dalam beberapa hari, dan sudah diijinkan untuk berangkat senin depan. Untuk ini saya dapat surat tugas pelatihan/pendidikan karena dalam rangka meningkatkan kapasitas juga sebagai ASN khususnya perencana. Yeaaay… Alhamdulillah, absensi aman untuk 6 minggu hehe

2. Ijin Cuti AIMI

Karena saya juga dapat amanah beraktivitas di AIMI, tentu masa 6 minggu bukan waktu yg singkat dan perlu pendelegasian wewenang dan supaya sistem organisasi tetap berjalan. Untuk itu saya mengajukan cuti resmi ke AIMI Pusat, karena akan tidak aktif selama fellowship. Walau AIMI adalah organisasi nirlaba dan sosial, namun saya merasa ini bagian dari bentuk profesionalitas juga dalam berogranisasi dan tanggungjawab moral agar kerja kerja AIMI Sumbar tidak terhambat. Tentu saja hal ini disambut baik juga oleh Mba MND di Pusat, komunikasi seperti ini penting dalam menjalankan organisasi apapun. Selama saya fellowship, AIMI Sumbar akan dipimpin Rani sebagai Plt dan Uni Evi untuk membantu Rani.

3. Visa dan Tiket

Salah satu hal penting untuk bisa melakukan perjalanan Luar Negeri adalah Visa. Alhamdulillah pengurusan sudah dilakukan sejak bulan Maret lalu dan karena kami mendapatkan visa khusus J1 dengan undangan pada program khusus juga, prosesnya tidak terlalu susah. Bahkan tiga hari setelah wawancara sudah bisa diperoleh.

Sedangkan untuk tiket keberangkatan juga sudah disampaikan oleh Pengelola Program Jaimie Holmes dari American Councils for International Education sejak minggu lalu. Saya akan berangkat dengan United Airlines via Narita dan Denver sebelum akhirnya sampai ke Washington DC. Wooowww.. ini pengalaman pertama saya naik United dan terbang ke arah Timur…

4. Host Family Arrival

Salah satu keistimewaan program YSEALI PFP ini adalah sebagian besar peserta akan ditempatkan bersama keluarga Amerika yang akan menjadi Host Family. Pasti seru ya melakukan pertukaran budaya dan merasakan langsung tinggal dengan American Family.  Saya pribadi hal ini akan menjadi pengalaman pertama. Dan untuk ini pun langsung dapat pengalaman dua keluarga sebagai Host. Karena Host utama saya sedang keluar kota saat saya datang nanti, maka saya akan tinggal sementara selama 5 hari dnegan Host Family fellows lain sesama penerima beasiswa PFP namun dari Negara Georgia. waah pasti seru yaa..  saya pun sudah saling berkontak dan sepertinya sangaat baik dan memberi banyak informasi relevan.

5. Host Family During Internship

Nah, host saya yang sebenarnya baru akan saya temui di hari kelima sampai di kota penempatan saya di Salem, Oregon. Yang bikin hepi dari beberapa kali kontak dengan mereka adalah, sangat welcome sekali kayaknya… saat ini juga sedang ada seorang mahasiswa dari Mesir yang sedang tinggal disana dan saya akan jumpai selama 2 minggu.. kayaknya seru yaa..  dan paling membahagiaan mereka bilang punya rice cooker hahhahaha.. untuk orang Indonesia yg doyan nasi ini ibarat oase ditengah padang pasir *halah hehhe Bapak Host saya seorang PhD dan kerja di Dinas PU gitulah di Salem, sedangkan Ibu Host saya seorang guru dan musisi di sekolah ballet disana.. waa pasti menyenagkan..

6. Worksite Information

Nah ini yang utamanya tujuan saya kesana. Saya akan magang di salah satu institusi di US yg relevan dengan aplikasi dan essay saya.. karena saya perencana di daerah dengan tema pilihan pembagunan ekonomi berbasis pertanian dan pariwisata.. uhuuyy.. saya ditempatkan di Salem, Ibukota Negara Bagian Oregon, namun bukan kota terbesar lho di Oregon… dan serunya ternyata ekonomi Salem digerakkan berbasis pertanian.. saya udah kontak supervisor saya disana, kayaknya Perencana Senior gitu dan udah dikasih gambaran kalau selama magang akan ikut beberapa meetings, ketemu berbagai stakholder termasuk rural planner dan tourism board nya.. waaah excited!

7. Volunteering Activities

Salah satu harapan bagi semua peserta PFP di tema Economic Empowerement ini adalah juga terlibat dalam kegiatan sosial atau menjadi relawan di berbagai komunitas di US. Kesempatan ini tentu tidak saya lewatkan untuk mulai mencari komunitas yang juga saya minati dan sesuai dengan passion saya di Indonesia. Saya mengontak La Leche League, organisasi pendukung ibu menyusui terbesar di dunia.  Saya coba ke LLL Salem Oregon, sayang sekali mereka sudah tidak aktif melaksanakan pertemuan selama beberapa bulan terakhir. Tidak menyerah sampai akhirnya saya ketemu LLL lain yaitu LLL Willamette Valley yang aktivitasnya tidak jauh dari Salem, Sayangnya beberapa pertemuan mereka di hari kerja yang mungkin sulit saya datangi. Senangnya Samantha, Leaders-nya sangat antusias dan akan berusaha menjadwalkan pertemuan dengan saya untuk sharing disalah satu hari di weekend selama May 2017.

Satu lagi komunitas yang berhasil saya kontak dan insya Allah akan saya bisa bergbung di pertemuannya adalah Mamaroo Babywearing. Surprisingly, salah satu pegiatnya adalah dari Babywering International. Semoga bisa jumpa dan belajar banyak nanti.

8. Muslim of Salem

Sebagai muslim, saya tak melewatkan kesempatan ntuk melihat bagaimana aktivitas muslim amerika disana. Tentu ini sebagai bagian dari upaya saya mempelajari kehidupan sehari hari disana, dan semoga nanti bs sharing bagaimana rasanya jd minoritas di AS. Hasil pencarian saya menemukan Page FB Muslim of Salem, alhamdulilah saat saya message responnya baik sekali. Bahkan adminnya bilang selamat datang di Salem, kota ini sangat ramah dengan muslim.  Saya diberitahu tentang masjid disana, alamat restoran halal, alamat toko daging halal dan juga toko ASIA disana hehhe (pengen beli bumbu indonesia wkwkw)… Bahkan katanya di bulan Mei ada Sister Meeting dan semoga saya bisa join..

Sekarang tinggal packing dan menyortir barang yang perlu dan tidak perlu dibawa, menukar beberapa rupiah ke dollar dan menyiapkan mental meninggalkan keluarga selama 6 minggu..

mohon doanya ya temans..

oh ya saya berencana akan sharing per-minggu pengalaman disana.. semoga kesampaian hehe

14563562_1811329532446079_8053109853707535232_n

 

Advertisements

3 thoughts on “Selangkah Lagi Menuju Mimpi

  1. Halo Mba Ria, kebetulan saya beberapa kali mampir di blognya mba ria ini sedari saya dinyatakan sebagai kandidat untuk interview dan alhamdulilah kemarin dinyatakan terpilih untuk program Fall 2017. Boleh minta alamat email atau kontak apapun untuk tanya-tanya mba?

    Terima Kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s