Menjadi Muslimah Indonesia di Amerika – Jilbab (1)

Saya pindahkan dari status FB ke sini ya.

Banyak yang menanyakan, apakah saya baik baik saya di sini. Sebagai muslimah, berjilbab dan datang dari Indonesia, tentu banyak yang peduli apakah di Amerika tidak mendapatkan masalah berarti? Bagaimana makan nya, bagaimana beribadah dan yang lebih sering ditanya bagaimana pakai jilbab/hijab disini... Saya share berdasar pengalaman saya sendiri.
Tentang jilbab, alhamdulillaaah tidak ada masalah. Sempat cemas dan peringatan beberapa kenalan soal susahnya masuk Amerika karena pakai jilbab. Apalagi baru baru ini ada kebijakan muslim ban dari beberapa negara. Saat masuk pertama kali di Bandara Denver, saya tidak merasakan masalah. Pemeriksaan ketat iya, scanning koper, dan pasti scanning orang nya di sebuat alat khusus, tapi itu untuk semua orang yang datang, gak cuma saya atau muslim saja. Saya ingat di Denver saat datang, ada bapak ibu pasangan sepertinya dari Tiongkok yang harus dibuka dan ditanyain kopernya namun ga bisa bahasa Inggris. Petugasnya cukup kesulitan. Sedangkan saya alhamdulillaaah lewat aja karena memang ga ada apa apa yang patut dicurigai. Disalah satu Bandara yang saya saya singgahi, -lupa dimana saking banyak transit (lebaay wkwkkw)-, malah ada satu Petugasnya berjilbab, saya lihat sekilas saat jalan dr pesawat ke terminal, sambil jalan itu malah sempat saling melempar senyum.
Bagaimana saat Tinggal di host family? Sedari awal hal ini yang saya Komunikasi pertama. Saya berjilbab. Jd akan memakai jilbab sepanjang hari. Mereka ga masalah, gak pernah nanya detail juga. Kecuali Teman baik sekota saya dari negara di Eropa sana pernah nanya dan penasaran bagaimana cara saya memakai jilbab, apakah tidak susah membuat. Dan Dia melihat ada banyak model juga ternyata. Terutama dia penasaran karena saya pagai bergo kalau di rumah. Malah jd seru kalau perempuan bahas “fashion” ya, saya jd jelasin model model jilbab haha.
Di Kantor tempat magang, sejauh ini saya mungkin satu satunya yg pakai jilbab, tapi gak sekalipun dijadikan bahasan, ga ditanya detail dll, karena semua orang sibuk dan fokus urusan masing masing, semua positif saja kalau saya menanyakan sesuatu dan diawal kedatangan kemarin sudah saya komunikasikan untuk minta waku buat Sholat dan space buat itu, semua diakomodasi.
Ini baru pengalaman 10 hari disini ya.. Semoga selalu positif begini.
S
elamat pagi dari Salem. Β 04 May 2017.

*Update, ini sudah memasuki minggu terakhir disini, Alhamdulillah baik baik saja. Berikut foto saya di acara International Potluck Dinner tanggal 16 Mei 2017 bersama teman-teman dari berbagai Negara.

DSC_1157

Indonesia-Ukraina-Georgia-Mesir-Bahrain/Somalia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s