Menjadi Muslimah Indonesia di Amerika – Ibadah (2)

 

Kali ini saya mau sharing soal ibadah selama di Amerika, terutama soal sholat. Pertanyaan juga cukup sering muncul adalah bagaimana saya melaksanakan ibadah sholat disini. Sebagai informasi, saya tinggal di Kota Salem, Negara Bagian Oregon. Waktu shalatnya tentu berbeda dengan di Indonesia. Saat ini bulan May 2017, musim semi. Jadwalnya adalah : Subuh sekitar jam 4-an pagi, Zuhur sekitar jam 1-an siang, Ashar jam 5-an sore, Magrib jam 8-am malam dan Isya jam 10-an Malam.

a. Di Rumah

Selama dirumah host family, saya dapat sholat dengan mudah karena di Kamar sendiri dan ada kamar mandi juga di dalam, sehingga tidak kesulitan berwudhu harus keluar – masuk kamar. Alhamdulillah sekali.. ini memang dari awal sudah saya komunikasikan kalau saya akan suka bangun sangat pagi untuk sholat subuh, dan akan sangat private saat sholat, ditambah harus memakai jilbab sepanjang hari. Alhamdulillah waktu itu dijawab kalau saya akan punya kamar mandi sendiri dan berbeda lantai dengan kamar mereka jadi gak akan menganggu mereka di pagi hari kalau saya harus grasak grusuk wudhu hehhehe

b. Di kantor

Untuk ibadah selama di Kantor, saya minta ijin untuk mendapatkan space yg bersih dan bisa dipakai sholat. Intinya komunikasi yaa.. Alhamdulillah berkesempatan sholat selama di Kantor di salah satu ruangan rapat yang ada. Untuk berwudhu, saya memanfaatkan single restroom yg ada di divisi sebelah, restroom ini langsung ada wastafel, jadi saya bisa berwudhu tanpa terlihat ataupun menganggu yg lain dibandingkan dengan restroom bersama khusus wanita. Cuma kan restroom alias toilet sini super bersih dan kering ya ga kayak kita yg basah, jd pas wudhu kalau ada air yg tumpah saya bersihkan sendiri lagi agar pemakai berikutnya nyaman.

c. Masjid

Seperti saya pernah posting di FB sebelumnya, Mesjid di Salem hanya ada satu, namanya Masjid Assalam. Dan jangan bayangkan masjid yang berbentuk kubah, dan besar seperti di Indonesia ya. Mesjidnya hanyalah satu lantai di sebuah bangunan di utara kota Salem. Komunitas Muslim di Salem termasuk sedikit, dibandingkan dua kota lainnya yaitu Portland dan Eugene. Sehingga tidak heran juga memang mesjidnya tidak terlalu besar, termasuk space untuk jamaah muslimah. Alhamdulillah tetap disyukuri karena ada lokasi berkumpul bagi para muslim disini.

Menurut cerita Rebei, salah seorang bother muslim yang berkerja di divisi sebelah dan satu gedung dengan saya intership, di Portland , kota terbesar di Oregon,  ada 8 Mesjid . Sedangkan di Eugene juga banyak karena jumlah mahasiswa internasional disana. Mba Nawang, seorang teman YSEALI di Boston, mengunjungu masjid disana yang lumayan besar, mempunyai kubah dan terintegrasi dengan sekolah islam.

Demikian sharing sedikit soal ibadah sholat dan masjid.. intinya dikomunikasikan, tetap positif, dan yakin Allah SWT berikan kemudahan.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s