Menggendongpun perlu dirayakan!

Nah kali ini kita bahas soal gendong menggendong yuk… ternyata saya baru tahu, selain menyusui yang dirayakan melalui Pekan ASI Sedunia alias World Breastfeeding Week yang jatuh tanggal  1-7 Agustus setiap tahunnya. Nah kalau menggendong bagaimana? Jadi ternyata minggu pertama oktober setiap tahun itu juga dirayakan .. disebut International babywearing Week (IBW), bolehkan ya kita terjemahkan Pekan Menggendong Internasional hehhe.

Inget ga tahun lalu media sosial sempat heboh sama postingan seolah olah merayakan menyusui lewat World Breastfeeding Week itu lebay alias berlebihan,, positifnya sih abis ada yang komen negatif gitu maka banjirlah linimasa medsos juga dengan berbagai komentar dan tulisan berisi alasan kenapa menyusui itu penting, saking banyaknya mewakili semua pihak, ada Ayah, ada Ibu yang pernah gagal menyusui, ada ibu yang gak menyusui lagi, bahkan ada gadis yang belum menyusui. Nah sekarang kita ga bahas soal itu ya hehehe karena memang merayakan menyusui itu penting.. kalau pengen tahu juga alasannya alias kepo, komen dibawah ya nanti dikasih link hahahha

Nah sekarang, “oke deh menyusui kan emang soal memberikan makan pada bayi,, ya penting “ *hmm ada yg komen begini, walo sebenarnya menyusui lebih dari sekedar memberi ASI lho..* …

..nah kalo menggendong? “Kenapa harus pake dirayakan segala kakak”.. “selebay apa itu pentingnya gendong menggendong harus dirayakan”.. “bayi bayi digendong bikin bau tangan unii “ *ada juga yang pendapat begini…

14046049_1756473244621962_6379886043635275540_n.jpg

Logo dan Tema IBW 2016

Nah yuk.. kita baca ini dulu : kutipan dari web Babywearing International :

“The goal of International Babywearing Week is to celebrate, promote, advocate for, and focus media attention on the many benefits of babywearing. There is no better way to do that than through a week-long event that focuses on education and advocacy.” 

Kira kira maksudnya.. dengan Pekan Menggendong Internasional ini dilakukan perayaan, promosi sekaligus advokasi serta fokus pada upaya kampanye media pada  manfaat menggendong bayi. Masih mengutip Babywearing International, bahwa banyak ahli/profesional  medis setuju bahwa bayi berkembang melalui sentuhan; dan menggendong bayi adalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan ini.

Lalu, apa manfaat lainnya, ini saya adopsi dari Babywearing International lagi hehe :

  1. Bayi lebih senang alias bahagia. *Yeess*

Dengan menggendong ternyata bisa mengurangi bayi menangis lho! Dalam sebuah penelitian yang ditemukan bahwa menggendong bayi selama tiga jam sehari mengurangi durasi  bayi menangis sampai 43 % secara keseluruhan, dan dan 54 % disaat malam.

  1. Bayi lebih sehat *super!*

Pada bayi prematur dan bayi dengan kebutuhan khusus dilahirkan ke dunia dengan sistem saraf lebih rapuh. Ketika bayi digendong dan  melekat pada ibunya, ia selaras dengan irama napasnya, suara detak jantung, dan gerakan ibunya membuat-berjalan, dan membungkuk. Stimulasi ini membantu bayi untuk mengatur respons fisik sendiri. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa bayi prematur yang yang digendong ini akan mencapai kenaikan berat badan lebih cepat dan lebih sehat daripada bayi yang tidak.

  1. Orangtua akan percaya diri *asyeek*

Orang tua akan lebih percaya diri kalau bisa merespon bayi dan membaca isyarat bayi, Dengan menggendong dan berada lebih dekat dengan bayi memungkunkan orang tua bisa membaca setiap gerakan, kespresi wajah dan tentunya kebutuhan si bayi, ya ga? Orang tua perlahan akan lebih mengenal apakah bayinya lapar, bosan, basah dan kemampuan ini akan semakin menjadi keahlian baru yang dilatih dengan frekwensi menggendong yang juga meningkat. Hal ini juga bermanfaat lho untuk ibu-ibu yang beresiko untuk atau menderita baby blues ataupun depresi postpartum.

  1. Mengalirkan cinta dan kasih sayang *uhuyy*

Menggendong bayi itu  akan membentuk kelerkatan (bonding) bagi yang menggendong dengan bayi, baik ituk ayah, kakek-nenek, orang tua angkat, babysitter, dan pengasuh lainnya. Bayangkan seorang ayah baru akan berjalan-jalan dengan bayi dalam gendongan. Si bayi akan mendengarkan suaranya, detak jantung, gerakan, dan ekspresi wajah, dan keduanya menempa keterikatan/ bonding yang kuat. Memeluk erat dalam gendongan adalah cara yang indah untuk mengenal bayi kita, dan bagi bayi untuk mengenal kita.

  1. Menciptakan Kenyamanan *Horeee*

Dengan memakai gendongan yang baik, tepat dan tentunya ergonomis dan memenuhi syarat syarat menggendong yang benar, si penggendong bisa melakukan banyak hal lho.. alias multitasking kalau kata saya. Misalnya seorangibu, bisa mengurus anak-anak atau melakukan pekerjaan tanpa harus terganggu atau tertekan oleh tangisan bayi atau bisa juga membantu untuk mengurangi sibling rivalry. Bahkan menggendong bayi bisa sekaligus lo bayi dan balita! Pekerjaan apa saja, disaat santai, jalan jalan, dirumah, naik tangga, hiking, dan di pasar yang ramai semua dapat dilakukan dengan mudah ketika menggunakan gendongan bayi yang dirancang dengan baik alias ergonomis.

***

Nah, jadi, sangat penting ya mempromosikan dan meadvokasi gendong menggendong ini?? Sepakat apa setuju??

Mau tahu lebih jauh soal dunia gendongan? Seperti apa menggendong yang nyaman? Apa saja jenis gendongan dan apa kelebihan dan kekurangannya? Dan apa saja terkait dunia gendong menggendong ini.. silahkan meluncur dan kalau punya akun FB ke Grup FB Indonesia Babyweares ini.. disana ada admin kece dan member member keren yang siap berbagi… atau ke blog nya juga bisa disini..

Hmm oh ya sebelum ditutup, saya jadinya juga tahu setelah sedikit terseret *hahah istilah Mbas Astri* ke dunia ini, untung belum masuk lubang kelinci sih, saya jadi tahu kalau menggendong pun ada konsultannya alias International Babywearing Consultant.. ada Pelatihan khusus nya juga.. wah seru yaaa. Ternyata menggendong pun sesuatu yang serius dan ilmiah.. namun terntu ini semua untuk kenyamanan semua dan manfaat jangka panjang bayi si bayi..

Sampai jumpa dibahasan gendongan selanjutnya… hehhe

Advertisements

4 thoughts on “Menggendongpun perlu dirayakan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s